Sabtu, 23 Agustus 2008

Klo Langit biruu????


KENAPA LANGIT BIRU YA?

Warna biru pada langit sesuai dengan fenomena Rayleigh scattering. Nah pada saat cahaya matahari melalui atmosfer, cahaya biru akan lebih banyak diserap dan diradiasikan secara acak, makanya cahaya yang dominan kita lihat adalah warna biru..

Tapi kalo dilihat secara horizontal, langit akan terlihat lebih banyak warna atau bahkan putih.

KALO LANGIT HITAM DAN MATAHARI YANG PUTIH?
Di bumi, matahari warnyanya kuning. He he he kalo lagi iseng, katanya bila dilihat dari bulan atau dari angkasa, maka matahari akan terlihat putih. Di angkasa, tidak ada atmosfer kan yang akan menyebarkan cahaya matahari sedangkan di bumi, cahaya dengan panjang gelombang pendek (biru dan violet) akan pindah dari jalurnya karena disebar oleh atmosfer. Bila biru dan violet dicampur akan jadi warna kuning…nah makanya jadi kuning deh warna matahari.

Begitu juga dengan bila langit berwarna hitam, ini berarti cahaya biru tidak mengalami penyebaran karena memang tidak ada atmosfer.

TRUS KALO SUNSET KOK MERAH YA?

Karena matahari mulai tenggelam, cahayanya ketika meraih kita akan lebih panjang kan. Sama dengan tadi, cahaya tadi ada yang dipantulkan dan ada yang disebar. Namun hanya cahaya dengan panjang gelombang pendek yang duluan sampai kekita.

Bila udara mengandung banyak partikel kecil debu dan air, maka partikel akan memantulkan cahaya kesegala arah, kemudian karena yang lebih banyak dipantulkan adalah yang panjang gelombang lebih panjang, maka akan terlihat merah, pink atau orange.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

koment di sina yaaaaa mas mbaaak